APA ITU SOFTWARE ? PENGERTIAN FUNGSI, JENIS, DAN CONTOHNYA !


 

Software adalah istilah yang akan selalu didengar ketika membahas dunia teknologi. Pengertian software sangat sederhana, jika hardware adalah komponen komputer yang dapat dilihat dan dirasakan secara fisik, maka arti dari software yaitu kebalikannya. Yap, software merupakan komponen perangkat teknologi yang tidak bisa disentuh, jadi wujudnya hanya digital.


Nah, artikel ini akan membahas apa yang dimaksud dengan software secara mendalam meliputi pengertian software, fungsi, jenis-jenis, hingga contoh software. Yuk simak sampai tuntas !


#Apa Itu Software ?


Software adalah kumpulan instruksi, kode, atau program yang dibuat untuk membantu pengguna agar bisa berinteraksi dengan komputer, serta menjalankan tugas-tugas tertentu. Sederhananya, software membantu komputer bagaimana cara mereka berfungsi. Maka dari itu, tanpa software komputer tidak akan dapat berfungsi dan melakukan apapun.


Misalnya tanpa ada software web browser seperti chrome atau yang lain maka kamu tidak dapat mengakses internet dan membaca artikel ini. Begitu juga dengan software jenis lain.


Adapun software ini dikembangkan oleh para programmer dengan menggunakan bahasa pemrograman tingkat tinggi di antaranya seperti Visual Basic, C++, C#, dan masih banyak lagi.


#Fungsi Software


Berikut beberapa fungsi software yang paling utama baik untuk komputer maupun perangkat teknologi lainnya.


a.) Software merupakan dasar kebutuhan komputer agar dapat dioperasikan dengan sebagaimana mestinya. Istilahnya, software dan komputer sudah satu paket tidak dapat dipisahkan

b.) Untuk mengontrol hardware yang terdapat di komputer sehingga dapat berjalan sesuai perintah

c.) Sebagai penghubung antara pengguna dengan hardware

d.) Sebagai penerjemah perintah software ke bahasa mesin, sehingga hardware dapat mengerti dengan baik

e.) Mengidentifikasi sebuah program pada komputer tersebut


#Jenis-Jenis Software dan Contohnya


Adapun software dibagi menjadi beberapa jenis. Berikut ini jenis-jenis software beserta contohnya:


1. Sistem operasi (operating system)


Jenis software sistem operasi atau operating system ini berfungsi sebagai pengelola semua hardware yang terhubung ke CPU komputer. Sistem operasi juga membantu menerjemahkan aktivitas dengan mengelola proses yang diinstruksikan pengguna lalu di sebarkan ke CPU sehingga perintah tersebut dapat dijalankan dengan benar di komputer. Contoh software sistem operasi seperti Microsoft Windows, Linux, MacOS, CloudLinux.


2. Bahasa pemrograman (programming language)


Jenis-jenis software berikutnya yaitu bahasa pemrograman yang merupakan bahasa yang untuk menulis sebuah program. Contoh software ini seperti HTML, Java, PHP, C, SQL, Kotlin, C++, Golang, Python, dan masih banyak lagi. Dalam membuat bahasa pemrograman ini nantinya juga memerlukan software khusus sesuai metode dan struktur pada bahasa pemrograman masing-masing.


3. Program aplikasi


Jenis software program aplikasi adalah perangkat lunak berbentuk aplikasi yang mana paling mudah dijumpai, semua orang pasti mengetahuinya. Contoh software program aplikasi seperti Microsoft Power Point, Microsoft Word, Microsoft Excel, Paint, dan masih banyak lagi.


#Jenis-Jenis Software Berdasarkan Distribusinya


Selain beberapa jenis software yang dijelaskan tadi, ada juga beberapa jenis software yang dikelompokkan berdasarkan distribusinya. Berikut ini jenis-jenisnya:


1. Firmware


Firmware adalah jenis penyimpanan software yang hanya bisa dibaca. Jadi pengguna tidak bisa melakukan modifikasi maupun pengembangan lebih lanjut walaupun terjadi masalah pada fungsinya.


2. Freeware


Sesuai namanya, freeware merupakan jenis software yang tidak memiliki batas waktu tertentu (free). Namun kebanyakan software jenis ini memiliki fitur yang kurang lengkap sehingga penggunaannya menjadi kurang maksimal.


3. Opensource


Opensource berarti bisa didapatkan secara gratis dan bebas dikembang-gunakan secara umum. Jadi, pengguna juga bisa mengubah, meningkatkan, hingga menyebarluaskan software ini.


4. Malware


Malware adalah jenis software yang terkenal berbahaya karena bisa merusak apabila disalahgunakan penggunaannya. Sebab, malware biasanya di rancang untuk menginfeksi komputer dan merusaknya. Jenis dari malware ini juga sangat banyak, di antaranya seperti virus komputer, Worm, Trojan, Emotet.


5. Adware


Software jenis adware dapat diperoleh serta digunakan secara gratis. Namun software ini masih menyediakan kompensasi dengan adanya iklan (ads) yang muncul pada perangkat komputer yang digunakan.


6. Shareware


Shareware merupakan salah satu jenis software yang dapat digunakan untuk keperluan tertentu dan bisa digunakan secara gratis. Biasanya, shareware digunakan sebagai demonstrasi dengan fitur dan waktu penggunaan yang terbatas.


7. Spyware


Spyware adalah jenis software yang di rancang sebagai mata-mata setiap aktivitas pengguna. Selain itu, perangkat lunak ini juga cukup sering disalahgunakan untuk melakukan pencurian data komputer.


#Sudah Tahu Apa itu Software ?


Jadi, apa yang dimaksud dengan software adalah sebuah program untuk membantu pengguna agar dapat berinteraksi dengan perangkat teknologi dan menjalankan tugas tertentu. Sekarang kamu pastinya sudah tahu apa itu software, fungsi, jenis, hingga contoh software ‘kan? Demikian artikel ini semoga bermanfaat, ya !

Tidak ada komentar:

Posting Komentar